Minggu, 13 Maret 2011

Teknik Fotografi Untuk Pemula, Memotret Pemandangan

Memotret adalah salah satu kegiatan yang mengasyikan dan merupakan seni fotografi yang daya tariknya cukup tinggi. Mengapa?. Karena fotografi yang baik akan mampu menghasilkan foto yang dapat menceritakan suatu peristiwa tanpa kita perlu memberi penjelasan kepada orang yang sedang menikmati foto tersebut.
Namun untuk menghasilkan foto yang indah sekaligus punya “roh”, 

diperlukan ketekunan dan kedisiplinan dalam berlatih. Bagi yang baru dan masih dalam taraf belajar, juga perlu lebih mendalami teknik fotografi untuk pemula, agar nantinya bisa menghasilkan foto atau gambar yang bukan hanya enak dilihat, namun juga punya nilai seni yang tinggi.

Obyek Pemandangan

Pemandangan adalah salah satu obyek yang sering dijadikan wahana untuk berlatih teknik fotografi bagi pemula. Karena selain enak dilihat dan menyejukan mata, mengambil obyek pemandangan juga membuat para fotografer lebih leluasa untuk mengubahnya menjadi satu seni fotografi yang sangat memikat hati.

Bagi yang masih belum begitu paham tentang cara memotret obyek pemandangan, bisa mengikuti tutorial berikut ini :

1.    Usahakan agar obyek pemandangan yang mau kita potret bisa tertangkap kamera secara keseluruhan dengan jelas dan tajam. Jangan sampai terjadi misalnya ada gunung yang hanya tertangkap bagian lerengnya saja. Ini tentu sangat tidak bagus sekali. Bahkan kalau bisa langit biru yang berada di sekitar gunung juga bisa tertangkap

2.    Pilihlah waktu yang tepat agar pemandangan yang mau dipotret mampu menghasilkan nuansa yang sejuk dan segar. Sama sekali tidak bagus bila obyek pemandangan yang kita ambil menghasilkan suasana yang muram. Ini terutama sering terjadi ketika memotret di waktu sedang mendung.
Waktu yang paling tepat untuk mengambil gambar obyek pemandangan adalah di pagi hari setelah kabut pegunungan sudah hilang dan sore hari.

3.    Bila ingin memfokuskan pada keindahan terbit atau terbenamnya matahari, carilah info tentang waktu atau jam yang pas ketika matahari mengalami proses terbit atau tenggelam.
Selain itu juga info tentang keadaan cuaca dan langit yang bagus tanpa tertutup awan. Setiap lokasi pemandangan pasti mempunyai waktu yang berbeda-beda setiap bulannya. Bagi yang pertama kali belajar teknik fotografi untuk pemula sering melupakan hal ini.

4.    Cobalah untuk mengambil atau memotret obyek tidak hanya sekali saja. Namun berkali-kali dengan teknik yang berlainan.
Demikian pula dengan pengambilan sudut pandang, lokasi, pencahayaan, kecepatan dan lain-lain. Dari sini kita akan mengetahui tentang teknik memotret pemandangan yang baik dengan hasil yang memuaskan pula.

5.    Manfaatkan setiap momen menarik yang ada. Misalnya di suatu tempat yang pemandangannya sangat menarik ada pelangi yang muncul di balik pegunungan. Hal ini tentu sangat jarang terjadi.
Bagi mereka yang sedang mendalami teknik fotografi untuk pemula, hal ini sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Obyek pemandangan yang kita bidik pasti akan punya suatu keistimewaan  tersendiri yang menjadikan foto hasil karya tersebut menjadi semakin tinggi nilainya.

6.    Bila kita ingin mencari obyek pemandangan yang lokasinya berada di suatu daerah tertentu, sebelum ke sana pahami lebih dulu karakter masyarakat dan adat yang berlaku di sana.
Ini untuk menghormati budaya mereka serta agar kegiatan memotret kita nantinya bisa lancar karena setiap daerah pasti mempunyai aturan-aturan tersendiri yang tidak boleh dilanggar. Usahakan agar tidak terjadi benturan dengan masyarakat di sana.
Semoga info ini bisa bermanfaat bagi yang sedang mempelajari teknik fotografi untuk pemula.

2 komentar:

  1. sip gan :)
    jangan lupa kunjungan dan komentarnya ke situs saya ya ditunggu :)

    http://asep-download.blogspot.com

    BalasHapus

Entri Populer